https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN PROPORSIONAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP | Fatmaningrum | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN PROPORSIONAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP

Diana Ulfa Fatmaningrum

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran proporsional dalam menyelesaikan soal matematika siswa kelas VIII SMP. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Purworejo dan SMP Negeri 20 Purworejo. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini adalah dengan purposive sampling dan snowball sampling. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 siswa kelas VIII dengan nilai UTS lebih dari 80. Instrumen dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes soal penalaran proporsional, observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa level kemampuan penalaran proporsional dalam menyelesaikan soal matematika siswa berada pada level 5 yaitu level multiplikatif. Siswa cenderung dapat memahami dan menggunakan strategi yang tepat untuk menyelesaikan soal penalaran proporsional karena siswa mengerti dasar konseptualnya dan memiliki kemampuan yang baik dalam menyelesaikan permasalahan.

 


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v30i3.4234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.